Visi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi Universitas Panca Bhakti

“Menjadi Program Studi Agribisnis Terbaik yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha pada tahun 2030”.

 

Misi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi Universitas Panca Bhakti

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam bidang Agribisnis yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha.
  2. Mengembangkan aktivitas penelitian dalam bidang Agribisnis yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha.
  3. Mengembangkan aktivitas pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Agribisnis yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha.

Tujuan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi Universitas Panca Bhakti

  1. Mengembangkan ilmu Agribisnis yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha sesuai dengan potensi lokal dan perkembangan ilmu pengetahuan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan serta kemampuan teoritis dan praktis dalam bidang Agribisnis yang berorientasi pada pengelolaan pertanian berkelanjutan dan kemampuan berwirausaha sehingga unggul dalam pasar kerja.

 

Profil Lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi Universitas Panca Bhakti

No PROFIL LULUSAN DESKRIPSI
1 Manajer Agribisnis Mampu merancang alokasi sumberdaya alam, manusia, modal, dan sosial untuk meningkatkan efisiensi operasional sistem Agribisnis; mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin dan memiliki etika bisnis pertanian yang bewawasan lingkungan.
2 Pengusaha Agribisnis Mampu merancang pengoperasian, strategi dan pengembangan unit usaha Agribisnis yang inovatif, menciptakan nilai tambah dan berwawasan lingkungan; serta mampu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko serta mengantisipasi ketidakpastian pada sistem operasi Agribisnis.
3 Fasiliator Pengembangan Masyarakat / Penyuluh Agribisnis Memiliki kepekaan pada persoalan/masalah sosial budaya masyarakat terkait dengan pengembangan Agribisnis; mampu merumuskan strategi serta penggunaan metode dan sumberdaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi tantangan pengembangan Agribisnis masa depan; serta mampu memfasilitasi dialog dalam dan antar kelompok pemangku kepentingan Agribisnis untuk mendukung proses perumusan dan keberlanjutan kebijakan yang melibatkan peran serta masyarakat.
4 Konsultan Agribisnis

Mampu berpikir analitis dan sistesis untuk mengevaluasi solusi pengembangan pada sistem operasi Agribisnis; dan mampu bernogosiasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan dalam pengembangan sistem operasi Agribisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi

Kompetensi Lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti

  • Kompetensi Utama
  • Mampu memilih, merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan, mengembangkan dan mengevaluasi serta merumuskan pengembangan agribisnis yang berkelanjutan.
  • Mampu mengkomunikasikan ide atau pemikiran agribisnis yang berkelanjutan
  • Mampu untuk mengembangkan jiwa kewirausahaanKompetensi Pendukung
  • Mampu mengelola dan mengembangkan kegiatan pertanian secara professional
  • Memiliki kepekaan pada persoalan/masalah sosial budaya masyarakat terkait dengan pengembangan agribisnis
  • Mampu bekerjasama dalam Tim yang multidisiplin serta mengembangkan jejaring kemitraan agribisnis
  • Mampu menggunakan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TKI)
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa asing (Inggris)Kompetensi Lainnya
    Mampu mengembangkan potensi daerah yang berwawasan lingkungan melalui pengelolaan pertanian berkelanjutan